James Atkinson Meninggal Usai Makan Pizza

James Atkinson Meninggal Usai Makan Pizza
James Atkinson, Programmer komputer adalah lulusan Universitas Newcastle yang populer. (Poto: PA Media)

AKARTA - Forumpublik.com | Kejadian nahas menimpa seorang pria James Atkinson, meninggal karena reaksi alergi terhadap kacang dalam pizza yang dia pesan dari melalui aplikasi Deliveroo.

Mengutip dari independent.co.uk, Rabu (17/1/2024), James Atkinson (23), dan dua teman satu flatnya memesan tiga pizza ayam tikka masala, keripik, dan berbagai macam masakan India di aplikasi Deliveroo dari restoran Dadyal di Howard Street, Newcastle.

Tidak ada masalah dengan pengiriman maupun pesanan pizza pria itu. Masalah muncul setelah Atkinson memakan makan kurang dari sepotong pizza-nya.

Ia langsung jatuh sakit di rumahnya di Jesmond pada Juli 2020 dan meninggal sekitar satu jam kemudian di rumah sakit.

Atkinson, lulusan Universitas Newcastle populer yang berasal dari Leeds, langsung jatuh sakit di rumahnya di Jesmond pada Juli 2020 setelah makan kurang dari sepotong pizza-nya. Dia meninggal sekitar satu jam kemudian di rumah sakit.

Adapun penyebab kematiannya adalah anafilaksis yang disebabkan oleh makan kacang dalam kari, demikian keputusan pemeriksaan di Newcastle Civic Center.

Setelah makan pizza, ia menyadari ada sesuatu yang tidak beres karena mulai muncul gejala, iamengalami masalah sesak napas.

Ia pun tidak sempat diberi EpiPen (obat alergi) karena teman satu flatnya tidak bisa menemukan obat tersebut dan lansung dibawa oleh ambulans ke rumah sakit.

Menurut perwakilan keluarga, ketika sampai di rumah sakit, James menjelaskan kondisinya sambil tetap merasa kesulitan bernapas.

Baca: Presiden Ajak Masyarakat Tanam Pohon untuk Antisipasi Perubahan Iklim

Ahli patologi Rumah Sakit, Dr Jennifer Boiton pun mengungkap James terengah-engah saat sampai di rumah sakit.

Saat dibantu turun ke bawah, pria ini sudah tidak sadarkan diri. Nyawanya pun tidak terselamatkan. James Atkinson tercatat meninggal dunia pada pukul 21.21, lapor mirro.co.uk (08/01/2024).

Penyebab gejala sesak napas hingga kematiannya ini ternyata karena bahan di dalam pizza tersebut. Diketahui, James memiliki alergi terhadap kacang.

Sebenarnya, lulusan ilmu komputer itu selalu memeriksa bahan-bahan sebelum ia makan. Dia juga sempat makan pizza di restoran yang sama, dan tidak menemukan bahan pemicu alergi.

Namun, ternyata, restoran pizza itu mulai menggunakan bubuk kacang untuk adonannya. Bisa dipastikan, dirinya meninggal dunia karena anafilaksis setelah konsumsi kacang.

James Atkinson memang telah mengidap alergi kacang selama 10 tahun. Ketika isi perutnya diperiksa setelah kematian, ditemukan kacang-kacangan di dalamnya.

Dr Bolton mengungkap, kondisinya akan berbeda jika James sempat memakai EpiPen.

"Meskipun tidak ada jaminan seseorang bertahan hidup, tetapi EpiPen dapat meningkatkan peluang," kata Bolton.

Pemeriksa Karen Dilks yang memberikan kesimpulan naratif di akhir pemeriksaan, menguraikan bagaimana Atkinson memesan makanan melalui aplikasi.

"Bahwa dia tidak menghubungi restoran secara langsung untuk memberi tahu mereka tentang alerginya dan bahwa dia tidak memiliki EpiPen saat dia melakukannya," kata Dilks.

Dia mengatakan restoran tersebut tidak menyebutkan dalam menunya bahwa campuran bubuk kacang yang mengandung 99 persen kacang tanah digunakan dalam pembuatan ayam tikka masala.

Untuk mencegah kematian di masa depan, petugas koroner akan menulis surat ke Departemen Kesehatan untuk mendesak dokter agar meninjau pasien yang memiliki alergi secara rutin dan mendidik mereka tentang pentingnya membawa EpiPen.

Dia juga akan menulis surat kepada pihak berwenang terkait untuk mendukung Hukum Owen, yang menyerukan restoran untuk menyatakan secara tertulis alergen yang terkandung dalam makanan mereka.

Orang tua Atkinson, Stuart dan Jill Atkinson, menulis di halaman CrowdJustice mereka: “Pada 10 Juli 2020, hidup kami berubah selamanya ketika putra kami yang baik diambil dengan kejam dari dunia ini.

"James mempunyai banyak hal untuk dijalani, dia baru berusia 23 tahun dan baru saja lulus dari Universitas Newcastle di bidang ilmu komputer dan memulai karir yang menjanjikan sebagai pemrogram komputer. Dia adalah anak yang luar biasa dan menerangi ruangan mana pun. Kami sangat merindukannya setiap hari," tulis Orang tua Atkinson.

Baca juga:
Upaya Pemerintah Atasi Perubahan Iklim, Geopolitik, Hingga Digitalisasi
Nawawi: Langkah Prioritas KPK, Pulihkan Kembali Kepercayaan Masyarakat
Presiden Jokowi Lantik Nawawi Pomolango Ketua Sementara KPK
Hingga Oktober 2023, Pendapatan Negara Capai Rp2.240,1
Realisasi Belanja Negara Capai Rp2.240,8 T Hingga Oktober 2023

(Tonang)

0 comments:

Post a Comment